Senin, 17 Desember 2012

Recehan Bunga Kamboja



Salam mimpi!
Hari ini pejuang mimpi melihat recehan koin yang menempel di atas pohon, ya pohon yang biasa tumbuh subur di kuburan – kuburan, 
hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii ngeriiiiiiiiiiii!.
Hehehe.......

Pejuang mimpi sedikit heran melihat salah satu kuburan di suatu desa kecil.
Hmmmm.....
Pagi, siang, malam tak sedikit pun sepi dan menyeramkan di kuburan, di karenakan lalu lalang warga (Tua, dewasa, maupun anak)  yang tinggal di sekitar kuburan mengais rejeki dari hasil tanah makam yang sangat luas tersebut. Lalu lalang tesebut tidak lain adalah mencari sekuntum bunga kamboja. Hmmmm..........  Ada apa  denga bunga kamboja???
Yuk kita intip sedikit tentang bunga kamboja.
Kamboja dengan nama latin Plumeria Alba ini memiliki banyak manfaat.
  1. Getah pohon kamboja dapat membatu mengurangi nyeri saat sakit gigi.
Teringat Jaman masih ceria dan gembira (jaman kanak -  kanak) ketika sakit gigi, ibu selalu menempelkan getah kamboja di gigi yang berlubang untuk mengurangi nyeri. Percaya tidak percaya sih. Hehehe..... manjur juga, walopun hanya sesaat.
Menurut  sang ahlinya, Doktor Biologi dari IPB Riang Gunawan Wangijdaja   sifat anestesia pada getah kamboja dapat mengatasi rasa sakit gigi, selain itu dapat mempercepat pergeseran gigi akibat tekanan alat pegas yang digunakan saat perawatan orthodontik (perawatan gigi geligi). 
  1. Daun Kamboja dapat mengobati bisul bernanah.
Belum menemu senyawa apa yang terdapat pada daun kamboja, tp dari kebiasaan – kebiasaan masyarakat sekitar makam, daun kamboja digunakan untuk mengobati bisul yang bernanah.
  1. Batang kamboja untuk mengobaati bengkak dan kaki pecah – pecah.
Pada batang mengandung getah putih yang memiliki kautscuk, senyawa sejenis karet, senyawa triterpenoid amytin, dan lupeol yang dapat mengobati bengkak dan kaki pecah – pecah. 
  1. Bunga kamboja, digunaka untuk pembuatan sabun, dan teh herbal.
Belum jelas juga kandungan yang ada pada bunga kamboja, tetapi ada fakta yang menarik dari kegiatan masyarakat sekitar makam yang saya jumpai. warga sekitar makam mencari bunga kamboja untuk di jual dalam betuk kering, bunga kamboja kering ini di hargai 12 ribu rupiah (hmm... 1 karung lumayan juga) hehehe.... :) kata pengepul bunga kamboja kering tersebut, kamboja kering di olah utnuk sabun maupun teh herbal.
Ternyata kamboja yang cantik dan mistik itu memiliki manfaat yang besar dan bernilai. Bagi pemimpi yang ingin mendirikan usaha jual bunga kamboja, 1 ha lahan tanaman kamboja sangat menguntunkan, bahkan  10 X lipat, ya... mungkin 1 hari dapat mengumpulkan 10 karung bunga kamboja, jika 1 karung ada 10kg bunga kamboja kering maka 10 karung ada 1 kwintal bunga kamboja kering.  Hmmmm, bayangkan ddengan    100 kg bunga kamboja kering pemimpi dapat mengantongi 12 juta rupiah per hari. Hehee....
Pohon kamboja ini terkenal dengan muah perawatan dan cepat berbunga, so tidak akan rugi untuk bertanam pohon kamboja.

Selamat moncoba bertanam kamboja. :) 

5 komentar:

  1. Misi gan, sekedar berbagi informasi seputar jual beli kamboja kering dan basah. Mungkin ada yg berminat dalam bisnis ini, silahkan mampir :
    http://bisniskamboja.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. tank's udah mampir gan..
      :)

      jika boleh tau, harga jual bunga kamboja kering berapa ya?

      Hapus
    2. Langsung cek info harga & stok terbaru
      disini y gan...
      http://bisniskamboja.blogspot.com/

      Hapus
  2. ada info yg mau jual pohonnya ga pak. ane takut kalo ngambil dr kuburan. kurang berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini ane blum nemu penjual phon kamboja yg seperti di tanam di makam2..
      ntar kalo ada yg jual ane infokan maskamit

      Hapus