Sabtu, 08 Desember 2012

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengertian umum adalah orang yang berkerja dalam suatu organisasi/kelomok atau yang biasa bisa disebut dengan karyawan/pegawai. Sumber Daya Manusia merupakan aset yang paling berharga dalam dalam sebuah perusahaan/instansi, tanpa adanya SDM perusahaan/instansi tidak dapat menjalankan sistem perekonomian maupun kinerja instansinya. SDM yang ada perlu di organisasi/dikelola dengan baik  untuk mendapatkan SDM yang unggul, maka dari itu manajemen Sumber Daya Manusia sangat penting dalam dunia bisnis.

Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Tjutju dan Siswanto (2008) adalah bagian dari ilmu yang memfokuskan perhatiannya pada pengaturan peranan sumber daya manusia dalam kegiatan suatu organisasi.  Sedangkan menurut Husein Umar (2008) MSDM adalah suatu perencanaan, pengorganisasian dalam pergerakan dan pengawasan  atas pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan maksud untuk pencapaian tujuan organisasi perusahaan secara terpadu.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningtkan SDM, mmenurut Mathis dan Jackson (2006) ada 7 kegiatan SDM, antara lain :
1.       Perencanaan dan Analisis SDM, perencanaan dan analisis ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan – kemungkinan tuntutan dan permintaan karyawan di masa akan datang. Sebagai bagian dari usaha mempertahankan daya saing, harus ada analisis dan penilaian terhadap SDM.
2.       Kesetaraan kesempatan kerja, peraturan hukum mengenai kesetaraan kesempatan kerja mempengaruhi kegiatan SDM yang lain dan integral dengan Manajemen SDM.
3.       Pengangkatan Pegawai, tujuan dari pengangkatan pegawai adalah memberikan motivasi karyawan yang berkualifikasi untuk mengisi posisi – posisi penting dalam suatu organisasi.
4.       Pengembangan SDM, meliputi orientasi karyawan baru, dan pelatihan ketrampilan kerja.
5.       Kompensasi dan Tunjangan, kompensasi diberikan untuk menghargai karyawan –karyawan yang berkualified atas kinerja mereka, kompensasi bisa berupa gaji, insentif, dan tunjangan.
6.       Kesehatan, Keselamatan, dan keamanan, jaminan atas kesehatan fisik dan mental sertal keselamatan karyawan adalah hal yang sangat penting. Secara global, berbagai hukum keselamatan dan kesehatan  telah menjadikan organisasi lebih responsive terhadap persoalan kesehatan dan keselamatan kerja.  
7.          Hubungan Karyawan dan Buruh/Manajemen,
Manajemen Sumber Daya Manusia dibedakan menjadi dua fungsi, menurut Noviyanto, ST   Fungsi MSDM terdiri dari Fungsi Manajemen dan Fungsi Operasional.
Fungsi Manajemen terdiri dari dari:
  1. Fungsi Perencanaan
  2. Fungsi Pengorganisasian
  3. Fungsi Pengarahan
  4. Fungsi Pengkoordinasian
  5. Fungsi Pengontrolan/Pengawasaan
Sedangkan Fungsi operasional terdiri dari :
  1. Fungsi Pengadan
  2. Fungsi Pengembangan
  3. Fungsi Pemberi Kompensasi
  4. Fungsi Integrasi
  5. Fungsi Pemeliharaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar